Lirik Lagu PRAYER - OnlyFans (ft. Yung Trench)

Fame - 123456789


Dan seperti biasanya, Indonesia sangat peka dengan apapun yang baru di dunia ini. Tak mau ketinggalan dengan Korea yang memproduksi Boyband yang nge-hits, bermunculanlah boyband-boyband Indonesia secara mengejutkan dengan tampilan mengejutkan. Bisa kita ingat-ingat lagi trend musik terakhir di Indonesia seputar musik melayu dan band semacam PeeWee Gaskin dan Killing me inside itu. Dengan genre musik dan gaya yang berbeda, SM*SH menghebohkan pengunjung Youtube Indonesia dengan V-Klip I Heart U. (Woii,, sekarang tuw nyebutnya MV, gak musim lagi V-Klip Ninja) Akrab di telinga kita dengan lirik U know me so weeeeelllllllll… Hal ini cukup menarik karena menimbulkan banyak komentar yang menyebut mereka plagiat boyband Korea. Cukup dilihat dari gaya berpakaian dan rambut mereka di V-klip itu, di tambah lagi Dance-nya. Well, kita langsung tau kalau mereka terilhami boyband Korea. Dan tak lama setelah itu bermunculanlah boyband Indonesia lainnya, Max5, Hitz, XO-IX, Dragon Boys, dll yang saya juga sulit ngapalin namanya. Girlband juga gak mau kalah neh dan lebih bikin heboh lagi. Apalagi kalau bukan image cantik dan sekseh yang melekat pada Girlband. Ada 7icons yang juga setelah SM*SH turut menggebrak dunia sinetron Indonesia. Kemudian muncul CheryBelle yang menyungguhkan pemandangan cewek-cewek imut berwajah chinese kecuali satu orang, Super Girls, Maskara, 5 bidadari dan yang lainnya.

Kok bisa sih dalam sekejap boyband sama girlband ini bikin heboh dan menyusup ke dalam musik Indonesia yang didominasi oleh formasi Band? Mari kita tilik dari sisi bisnis saja.

Akan selalu ada supply selama ada demand. Akan selalu ada peluang bisnis selama ada target pasar. Fenomena boyband/girlband nampaknya terlalu sayang apabila hanya bisa dinikmati oleh pebisnis musik korea. Banyaknya orang yang tergila-gila, khususnya remaja putri, menjadi sasaran empuk. Jadi selama masih ada selera pasar yang mengarah ke boyband/girlband, jangan protes kalau acara musik Indonesia penuh dengan boyband/girlband itu.

Comments